Sun. Apr 14th, 2024

5 Jurusan S1 di Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Kalijaga Yang Calon Mahasiswa Baru Harus Ketahui

5 Jurusan S1 di Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Kalijaga Yang Harus Calon Mahasiswa Ketahui

5 Jurusan S1 di Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Kalijaga Yang Calon Mahasiswa Baru Harus Ketahui

Arah Baru – Halo sobat muda khususnya anak anak muda yang akan segera memasuki jenjang perkuliahan khususnya jenjang S1. bagaimana dengan plan kalian untuk menentukan kuliah ke depan? sudah ada gambaran untuk masuk ke jurusan tertentu atau belum? atau masih bingung buat nentuin jurusan untuk kuliah?.

Perlu kalian ketahui, tentunya selain jurusan-jurusan mainstream seperti Ekonomi, Hukum, Teknik Sipil atau Kedokteran, kalian juga harus tahu beberapa jurusan yang ternyata tidak kalah keren yang ada di Kampus loh.

oleh karena itu dalam tulisan ini mimin akan ulas enam jurusan yang ada di Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang menurut mimin tidak kalah keren sama jurusan-jurusan lainnya yang sering kita tahu dan dengar. inilah enam jurusan itu.

Foto Laboratorium Agama UIN Sunan Kaijaga

Aqidah dan Filsafat Islam Fakultas Ushuluddin (Akreditasi A)

Pernahkah sebelum tidur sobat muda mendengarkan ceramah dari sosok fenomenal Fahrudin Faiz di Youtube atau platform-platform online lainnya?, menarik dan sangat sejuk bukan ceramahnya?. Pak Faiz merupakan salah satu Dosen di program studi Aqidah dan Filsafat Islam loh.

Program yang biasa dikenal dengan AFI tersebut diketahui memiliki kuota 80 orang untuk mahasiswa baru setiap Tahunnya loh. Selain itu di jurusan ini sobat muda bisa belajar banyak lah loh, seperti misalkan belajar mengenai Filsafat Yunani, logika, Metafisika, Filsafat Politik dan masih banyak mata kuliah lainnya yang bisa dipelajari di Program Studi ini.

Oleh karena banyak belajar mengenai sesuatu yang sangat “radikal” itu, kalau sobat muda tertarik untuk masuk di prodi AFI ini, sobat muda nantinya akan banyak bertemu dengan teman-teman di satu jurusan yang memiliki pikiran-pikiran yang kadang “nyeleneh” tapi terkadang juga sangat kritis loh.

Ilmu Al Quran dan Tafsir Fakultas Ushuluddin (Akreditasi A)

Ilmu Al Quran dan Tafsir atau yang sering dikenal dengan jurusan IAT adalah salah satu jurusan dengan kuota penerimaan mahasiswa terbanyak di Fakultas Ushuluddin maupun di UIN Sunan Kalijaga dengan jumlah sekitar 120 Mahasiswa baru setiap Tahunnya.

Jurusan yang memiliki fokus untuk mengkaji kembali terkait dengan firman-firman Allah tersebut bisa menjadi salah satu jurusan yang sobat muda masuki ketika kuliah nanti loh. Karena di jurusan ini terdapat beberapa mata kuliah yang menarik seperti Pengantar linguistik dan filologi, Kajian Al quran berbasis teknologi, Tafsir Kontekstual dan masih banyak mata kuliah lainnya.

Nantinya, pada jurusan IAT ini sobat muda akan temui banyak Mahasiswanya yang cukup mahir dalam berbahasa Arab, memiliki pemahaman terhadap agama islam yang baik bahkan juga beberapa mahasiswanya memiliki hafalan Alquran sampai 30 Juz

Ilmu Hadits Fakultas Ushuluddin (Akreditasi Unggul)

Pingin menjadi salah satu orang yang belajar tentang sabda-sabda nabi Muhammad yang sampai Hari ini mulai dikembangkan dan dikontekstualisasikan ke dalam beberapa masalah-masalah kehidupan sehari-hari ? Ilmu Hadis lah jawabannya.

Prodi ini tidak sesaklek dan sejumud yang ada di pikiran sobat muda kok, jurusan ini bagi mimin cukup keren dalam memberikan pengajaran ke mahasiswanya, mau bukti? salah satu buktinya adalah di jurusan yang sering disebut ILHA tersebut ada mata kuliah software hadits dan programing hadits loh. cukup kekinian kan?,

Selain dua mata kuliah itu ada beberapa mata kuliah lainnya seperti Teori Sosial Dalam Ilmu Hadis, Hadis Sains, Hadis Ekonomi dan Kewirausahaan, Pemikiran Tafsir Nusantara dan lain-lain. Setiap Tahunnya Jurusan Ilmu Hadis mempunyai kuota sekitar 80 Mahasiswa baru yang bisa jadi kedepannya adalah sobat muda.

Sosiologi Agama Fakultas Ushuluddin (Akreditasi A)

Sobat muda pingin menjadi seseorang yang paham mengenai landasan sosiologi dalam setiap kejadian yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari di sekitar kita tapi juga tidak lepas dari pendekatan agama? jika iya maka jurusan sosiologi agama bisa menjadi referensi sobat muda untuk kuliah nanti.

Jurusan sosiologi agama ini tentunya cukup asik loh, mengingat kita akan banyak diajak untuk menganalisis teori-teori sosial yang nantinya akan dipadukan dengan pendekatan agama untuk bisa melihat fenomena-fenoman kemasyarakatan. Pokoknya nama-nama seperti Ibnu Khaldun, Marx Webber, Karl Marx bahkan Bryan S. Turner akan banyak sobat muda temui kalau masuk di jurusan ini.

Sama dengan jurusan-jurusan lainnya di Fakultas Ushuluddin lainnya, Jurusan ini juga memiliki beberapa mata kuliah yang sangat menarik dan asik loh. Seperti misalnya Sosiologi Politik dan HAM, Psikologi Sosial, Komunikasi Sosial bahkan ada mata kuliah New Religious Movement loh.

Setiap Tahunnya jurusan ini memiliki kuota untuk mahasiswa baru sebanyak 80 orang yang dimana persaingannya dipercaya cukup ketat mengingat jurusan ini cukup menarik dan asik.

Studi Agama – Agama Fakultas Ushuluddin (Akreditasi A)

Last but not least, ada jurusan yang bisa mengajak kalian untuk belajar dan memahami banyak agama-agama di Dunia loh, Jurusan Studi Agama-Agama yang dulunya bernama perbandingan agama ini sangat asik terlebih kita akan banyak belajar tentang agama-agama dari berbagai macam aspeknya loh.

Tentunya di jurusan ini tidak akan mengajarkan sobat muda untuk saling menyalahkan agama-agama selain dari keyakinan kalian kok, malah banyak alumni jurusan ini yang menjadi agen-agen perdamaian dan komunikasi lintas agama loh.

Jurusan ini memiliki banyak mata kuliah yang cukup mindblowing loh, seperti Agama-Agama di Indonesia, Agama Jepang, Agama Yahudi, Fenomenologi Agama, Komunikasi lintas agama dan budaya dan masih banyak lainnya. Selain itu jurusan ini memiliki kuota sebesar 70 orang setiap Tahunnya untuk mahasiswa baru.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

error: Content Dilindungi Undang Undang Dilarang Untuk Copy!!