Fri. Feb 23rd, 2024

Dramatis, Argentina Tekuk Belanda Melalui Adu Penalti

Argentina Belanda#image_title

Arahbaru – Argentina secara dramatis berhasil mengalahkan Belanda dalam laga perempat final Piala Dunia 2022 di Stadion Lusail, Jumat (09/12/2022) waktu setempat.

Sempat unggul 2-0, kemudian disamakan 2-2 pada detik akhir pertandingan, Argentina berhasil menang melalui adu tendangan penalti dengan skor 4-3.

Adalah penjaga gawang Emiliano Martinez yang menjadi pahlawan dengan menepis dua tendangan penalti pemain Belanda.

Laga klasik antara Argentina melawan Belanda ini selain menghasilkan banyak gol, juga diwarnai dengan hujan kartu. Wasit harus mengeluarkan tujuh belas kartu kuning untuk kedua tim.

Dengan hasil ini, Argentina berhak melaju ke semifinal dan akan menghadapi Kroasia pada Selasa (13/12/2022) waktu setempat.

Jalannya Pertandingan

Argentina bermain baik di babak pertama. Anak asuh Lionel Scaloni mendominasi jalannya pertandingan. Meski begitu, tidak banyak peluang yang dihasilkan oleh pemain-pemain Argentina.

Pada menit ke-35, Lionel Messi melakukan penetrasi di jantung pertahanan Belanda. Meski dikawal oleh Nathan Ake, Messi masih mampu mengirim umpan matang mendatar kepada Nahuel Molina.

Molina yang sudah berada di depan gawang Belanda berhasil menceploskan bola ke gawang yang dikawal Andries Noppert.

Assist tersebut merupakan yang kelima ditorehkan Messi di fase gugur sepanjang sejarah keikutsertaannya di Piala Dunia. Jumlah tersebut melewati rekor Pele yang menciptakan empat assist.

Pada menit ke-40, Messi medapat peluang mencetak gol. Sayangnya tendangan mendatarnya masih bisa ditangkap oleh Noppert.

Skor 1-0 ini bertahan hingga babak pertama usai.

Pada babak kedua, Belanda mencoba untuk mengejar ketinggalan. Mereka bermain lebih baik. Namun, Argentina masih tetap dominan.

Pada menit ke-63, melalui tendangan bebas, Messi hampir saja menggandakan keunggulan Albiceleste. Tendangannya masih melambung tipis di atas mistar.

Argentina mendapatkan hadiah penalty pada menit ke-71. Akselerasi Marcos Acuna di kotak penalti dilanggar oleh Denzel Dumfries.

Messi yang menjadi algojo berhasil dengan mudah mengecoh Noppert.

Argentina Belanda
Para pemain Belanda merayakan gol kedua Weghorst

Ketinggalan dua gol, Belanda semakin intens melakukan serangan, terutama melaui bola-bola atas. Sebaliknya, Argentina lebih banyak bertahan.

Pada menit 83, Wout Weghorst berhasil menipiskan kedudukan. Memanfaatkan tendangan bebas, Weghorst berhasil menyundul bola tanpa bisa diselematkan Martinez.

Pada detik akhir pertandingan, Belanda mendapatkan tendangan bebas di depan kotak penalti Belanda. Berghuis yang mengambil tendangan bebas itu ternyata tidak langsung menendang bola ke gawang, melainkan memberikan umpan kepada Weghorst.

Dengan sekali kontrol, Weghorst langsung menendang bola ke gawang Argentina. Gol untuk Belanda. Pertandingan pun berlanjut di perpanjangan waktu.

Di babak perpanjangan waktu, Argentina kembali menguasai pertandingan. Peluang demi peluang mereka ciptakan, namun tak ada gol yang tercipta.

Peluang terbaik datang di menit ke-120 ketika Enzo Fernandez melakukan tendangan jarak jauh mendatar. Namun, bola masih membentur tiang gawang.

Skor 2-2 bertahan dan pertadingan berlanjut adu penalti.

Di babak ini, dari pihak Belanda, Virgil van Dijk dan Steven Berghuis gagal mencetak gol. Belanda hanya bisa menyarangkan tiga gol melalui Teun Koopmeiners, Wout Weghorst, dan Luuk de Jong.

Sementara dari pihak Argentina, hanya Enzo Fernandez yang gagal. Lionel Messi, Leandro Paredes, Gonzalo Montiel, dan Lautaro Martinez menjalankan tugas sebagai algojo dengan baik.

By Nasir

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

error: Content Dilindungi Undang Undang Dilarang Untuk Copy!!