Fri. Feb 23rd, 2024

Hakim Kabulkan Status Justice Collaborator Bharada E, Apa Itu?

#image_title

Arahbaru – Status justice collaborator membuat hukuman terhadap Richard Eliezer (Bharada E) lebih ringan daripada terdakwa lain dalam kasus pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J).

Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menyatakan Bharada E layak menyandang status sebagai justice collaborator.

“Kejujuran, keberanian, dan keteguhan terdakwa dengan berbagai risiko telah menyampaikan kejadian sesungguhnya sehingga layak terdakwa ditetapkan sebagai saksi pelaku yang bekerja sama (justice collaborator),” ucap Hakim Anggota Alimin Ribut Sujono dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, Rabu (15/02/2023).

Alimin menjelaskan, untuk menjadi seorang justice collaborator, seseorang tidak boleh berstatus sebagai pelaku utama di dalam perkara yang tengah diadili.

Dalam persidangan, Alimin menyatakan bahwa Bharada E bukanlah pelaku utama meskipun dirinya merupakan eksekutor.

“Terdakwa (Richard) mempunyai peranan sebagai orang yang menembak korban Yosua. Sedangkan, saksi Ferdy Sambo (merupakan) pencetus ide, aktor intelektual, perancang, sekaligus juga menembak korban Yosua,” tutur Alimin.

Sehingga, ucap Alimin melanjutkan, saksi Ferdy Sambo dipandang sebagai pelaku utama, meskipun Richard Eliezer memang benar melakukan penembakan terhadap Yosua.

“(Bharada E) Termasuk pelaku, tetapi bukan pelaku utama,” ucapnya.

Apa Itu Justice Collaborator?

Justice collaborator adalah sebutan bagi pelaku kejahatan yang bekerjasama dalam memberikan keterangan dan bantuan bagi penegak hukum.

Dari kerja sama tersebut, Justice collaborator akan memperoleh imbalan berupa pembebasan bersyarat, penjatuhan pidana percobaan bersyarat khusus, pemberian remisi dan asimilasi.

Pengaturan mengenai justice collaborator merujuk pada Surat Edaran Mahkamah Agung RI (SEMA) Nomor 4 Tahun 2011.

Dalam SEMA itu disebutkan bahwa justice collaborator adalah seorang saksi pelaku yang memberikan informasi signifikan tentang sebuah perkara.

Syarat seseorang dapat dikategorikan sebagai justice collaborator adalah:

1. Merupakan salah satu pelaku tindak pidana tertentu;

2. Mengakui kejahatan yang dilakukannya;

3. Bukan pelaku utama dalam kejahatan tersebut;

4. Memberikan keterangan sebagai saksi dalam proses peradilan; dan

5. Keterangan dan bukti-bukti yang diberikannya sangat penting dan dapat membantu pengungkapan kasus, mengungkap pelaku-pelaku lain yang memiliki peran lebih besar, dan mengembalikan aset atau hasil dari tindak pidana tersebut.

Selain diatur dalam SEMA, syarat untuk menjadi justice collaborator juga tertuang dalam Peraturan Bersama Menteri Hukum dan HAM, Jaksa Agung, Kapolri, Komisi Pemberantasan Korupsi, dan Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban.

Syarat untuk mendapatkan status justice collaborator menurut peraturan bersama tersebut adalah:

1. Tindak pidana yang akan diungkap merupakan tindak pidana serius dan/atau terorganisir;

2. Memberikan keterangan yang signifikan, relevan dan andal untuk mengungkap suatu tindak pidana serius dan/atau terorganisir;

3. Bukan pelaku utama dalam tindak pidana yang akan diungkapnya;

4. Kesediaan mengembalikan sejumlah aset yang diperolehnya dari tindak pidana yang bersangkutan, hal mana dinyatakan dalam pernyataan tertulis; dan

5. Adanya ancaman yang nyata atau kekhawatiran akan adanya ancaman, tekanan, baik secara fisik maupun psikis terhadap yang bersnagkutan atau keluarganya apabila tindak pidana tersebut diungkap menurut keadaan yang sebenarnya.

Justice collaborator dapat menjadi alat yang berguna dalam penegakan hukum jika digunakan dengan benar dan diawasi dengan ketat.

Namun, penggunaannya harus dipertimbangkan secara hati-hati, terutama karena implikasi yang mungkin timbul jika informasi yang diberikan tidak akurat atau jika justice collaborator tidak bertindak dengan integritas yang memadai.

By Nasir

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

error: Content Dilindungi Undang Undang Dilarang Untuk Copy!!