Media Arahbaru
Beranda Berita JK : Modal Jadi Ketum Golkar 500-600 Miliar

JK : Modal Jadi Ketum Golkar 500-600 Miliar

Arah Baru – Mantan Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla (JK) menyebut jika untuk menjadi Ketua Umum Partai membutuhkan dana hingga di angka ratusan miliar.

Hal tersebut JK sampaikan dalam Seminar “Anak Muda Untuk Politik” di Gedung DPR RI, Senin (31/07/2023).

Awalnya JK memaparkan bagaimana awal mula dirinya masuk ke dunia politik pada masa Presiden Gus Dur sebagai Menteri Perindustrian dan Perdagangan

“Saya tinggalkan pengusaha apa boleh buat, kalau jadi menteri tidak boleh jadi pengusaha. Pengusaha saya kasih ke adik saya, diteruskan ke anak saya,” ucap JK.

JK juga mengatakan jika karier setiap orang itu berjenjang termasuk dirinya, dan dirinya pun menjelaskan jabatan yang pernah diamanahkan kepada dirinya.

Selepas itu, JK juga menyebut jika posisi Ketua Umum Golkar biasanya diisi oleh Pimpinan negara yang dimana dirinya pernah menduduki posisi tersebut usai dirinya terpilih menjadi Wakil Presiden Indonesia berdampingan dengan SBY.

JK membocorkan jika saat dirinya menjadi Ketua Umum Partai berlogo beringin tersebut masih menggunakaan modal yang terbilang kecil.

Hal tersebut yang menurut JK berbeda dengan realitas hari ini. Karena menurutnya modal untuk menjadi Ketua Umum Golkar saat ini terbilang tinggi.

“Karena Golkar itu suka ketuanya itu pimpinan negara, saya tertinggi waktu itu ongkos hampir kecil sekali. Kalau sekarang Anda mau jadi ketua Golkar jangan harap kalau anda tidak punya modal Rp500-600 miliar,” ungkapnya.

Kendati begitu, JK mneyebut jika hal tersebut tidak hanya terjadi di Golkar saja, melainkan di seluruh Parpol yang ada di Indonesia.

“Hampir semua partai begitu terkecuali partai yang pendirinya masih ada, kayak PDIP, kayak NasDem, tapi partai yang sudah go public, artinya pemilihannya, itu butuh biaya besar,” ucapnya.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

error: Content Dilindungi Undang Undang Dilarang Untuk Copy!!