Media Arahbaru
Beranda Berita Pembukaan SEA Games Diwarnai Insiden Bendera Indonesia Terbalik

Pembukaan SEA Games Diwarnai Insiden Bendera Indonesia Terbalik

Arahbaru – Pemandangan tidak enak tersaji dalam pembukaan SEA Games ke-32 Kamboja di Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Jumat (05/05/2023).

Hal itu terjadi pada saat penyanyi lokal Kamboja tampil diiringi penari yang membawa bendera 11 negara peserta SEA Games 2023, termasuk Indonesia.

Ironisnya, para penari yang membawa bendera Indonesia semuanya dalam posisi terbalik.

Kejadian bendera Indonesia terbalik bukan kali pertama terjadi pada pesta olahraga terbesar dua tahunan se-Asia Tenggara tersebut.

Kasus serupa terjadi pada SEA Games ke-29 di Kuala Lumpur, Malaysia. Bedanya insiden tersebut terjadi dalam buku panduan kegiatan.

Adapun puncak upacara pembukaan SEA Games 2023 secara resmi berlangsung pukul 19:00 WIB. Namun rangkaian acara telah dimulai sejak sore dengan menampilkan berbagai pertunjukan, termasuk kesenian yang menunjukkan identitas Kamboja sebagai tuan rumah.

Masyarakat Kamboja sangat antusias untuk menyaksikan opening ceremony pesta olahraga Asia Tenggara tersebut. Sejak siang mereka berdatangan ke lokasi upacara pembukaan.

Bahkan kemacetan terjadi yang membuat sebagian masyarakat yang menggunakan transportasi umum memilih untuk turun berjalan kaki dengan jarak sekitar 2 km menuju lokasi opening ceremony.

Masyarakat Kamboja ingin menjadi bagian sejarah karena ini merupakan kali pertama menjadi tuan rumah pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara tersebut. (*)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

error: Content Dilindungi Undang Undang Dilarang Untuk Copy!!