Fri. Feb 23rd, 2024

Polri: Helikopter yang Bawa Kapolda Jambi Bukan Jatuh, Tapi Mendarat Darurat

By Nasir Feb 21, 2023 #Helikopter #Kapolda Jambi #Polri
#image_title

Arahbaru – Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo menegaskan helikopter yang ditumpangi Kapolda Jambi dan Rombongan bukan mengalami kecelakaan atau jatuh, tetapi mendarat darurat.

Dedi mengatakan helikopter jenis Bell 412 SP dengan nomor Registrasi P-3001 itu mendarat darurat karena faktor cuaca buruk.

“Mendarat darurat. Sekali lagi saya tekankan mendarat darurat. Jangan sampai ada diksi-diksi yang berbeda-beda lagi,” kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta, Senin (20/02/2023).

Ia menjelaskan, helikopter terbang membawa delapan orang penumpang saat cuaca sedang berkabut, sehingga heli terpaksa melakukan pendaratan darurat.

“Pak Kapolri sudah menyampaikan, laporan awal yang kami terima dari Kabid Humas dan Wakapolda Jambi adalah mendarat darurat. Karena apa? faktor cuaca. Cuaca berkabut itu ketika masuk cuaca berkabut, sudah tidak bisa lihat apa-apa,” kata jenderal bintang dua itu.

Akan tetapi, lanjut Dedi, Polri melakukan investigasi terkait pendaratan darurat yang dialami helikopter yang membawa delapan orang penumpang tersebut.

Ia juga belum bisa memastikan, apakah puing-puing yang ada di lokasi tempat Kapolda Jambi mendarat darurat adalah bagian dari helikopter atau tidak seperti video yang beredar di media sosial.

“Ini kan proses investigasi masih berlanjut ya,” ucap Dedi.

Menurut Dedi, lokasi tempat heli mendarat darurat berupa tebing-an sehingga tim evakuasi jalur darat tidak bisa melakukan pendaratan, sehingga personel SAR turun dari helikopter secara vertikal.

Dari lokasi itu tim evakuasi turun dari helikopter, personel masih harus berjalan kaki turun ke bawah, posisi Kapolda dan rombongan berada di tebing-an.

Tim evakuasi darat maupun udara yang sudah berada di lokasi Kapolda Jambi telah memberikan pertolongan pertama kepada korban yang luka-luka, termasuk Kapolda Jambi yang mengalami luka cukup parah, patah tangan bagian kanan.

“Kru heli yang kami temukan dalam kondisi sehat, tim evakuasi juga sudah membuat terpal dan juga api unggun dan kegiatan-kegiatan penyelamatan lainnya,” ujarnya.

Evakuasi Kapolda Jambi tidak bisa dilakukan melalui jalur darat karena medan yang sulit serta jarak tempuh yang jauh. Sehingga upaya evakuasi dilakukan melalui jalur udara.

Hingga saat ini, proses evakuasi belum bisa dilakukan mengingat cuaca yang tidak mendukung. Evakuasi akan dilanjutkan pada Selasa (21/02/2023).

Helikopter Polri melakukan pendaratan darurat membawa delapan orang penumpang yang terdiri atas Kapolda Jambi Irjen Pol. Rusdi Hartono, Dirreskrimum Kombes Pol. Andri Ananta, Dirpolairud Polda Jambi, Kombes Pol. Muchael Bumbunan, Korpspripim Polda Kompol A Yani Jambi dan seorang ADC Kapolda Jambi, serta tiga kru helikopter AKP Ali, AKP Amos F, Aipda Susilo. (*)

By Nasir

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

error: Content Dilindungi Undang Undang Dilarang Untuk Copy!!