Fri. Feb 23rd, 2024

Resmikan Koalisi Perubahan, Tiga Partai Ini Solid Dukung Anies Baswedan

Arahbaru – Partai NasDem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) meresmikan pembentukan Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP).

Peresmian koalisi partai pendukung Anies Baswedan itu ditandai dengan penandatanganan piaga kesepakatan yang dilakukan di Sekretariat Perubahan di Jakarta, Jumat (24/03/2023).

“Dengan ditandatanganinya piagam ini, maka Koalisi Perubahan untuk Persatuan resmi terbentuk,” kata Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya.

Sementara itu Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya mengatakan bahwa piagam tersebut secara keseluruhan terdiri atas enam butir kesepakatan.

Kesepakatan pertama adalah pembentukan Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), paparnya
 
“Yang kedua, mengusung Anies Baswedan sebagai Calon Presiden 2024-2029. Ketiga, memberi mandat kepada calon presiden untuk memilih calon pasangannya,” ujarnya.

Keempat, lanjut dia, KPP akan menyelenggarakan deklarasi dan mengumumkan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029 dalam waktu tidak terlalu lama.

“Kelima, memberi keleluasaan kepada calon presiden untuk berkomunikasi dengan partai politik lainnya dalam rangka memperluas basis dukungan,” ucapnya.

Keenam, membentuk sekretariat yang merupakan kelanjutan dari Tim Kecil atau Tim Persiapan Koalisi Perubahan untuk Persatuan.

Dokumen piagam kerja sama tiga partai itu secara redaksional telah disepakati pemimpin partai masing-masing pada 14 Februari 2023, tepat satu tahun jelang Pemilu 2024.

Adapun penandatanganan dilakukan secara bertahap oleh Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan Presiden PKS Ahmad Syaikhu.

“Pak Surya Paloh menandatangani pada tanggal 1 Maret 2023, kemudian Mas AHY menandatangani pada tanggal 2 Maret 2023, kemudian terakhir PKS menandatangani pada tanggal 22 Maret 2023,” kata Riefky.

Wakil Ketua Majelis Syura PKS Sohibul Iman mengatakan bahwa penandatanganan piagam itu mengukuhkan Koalisi Perubahan untuk Persatuan telah melampaui ambang batas pengajuan pasangan calon presiden dan wakil presiden (“presidential threshold”) 20 persen.

“Maka genaplah tiga partai melampaui ‘presidential threshold’ 20 persen, di mana kita secara keseluruhan 28,3 persen,” ujar Sohibul.

Dalam kesempatan tersebut turut hadir Perwakilan Tim Kecil Anies Baswedan, yakni Sudirman Said, Ketua DPP Partai NasDem Sugeng Suparwoto, dan Ketua DPP PKS Al Muzzammil Yusuf. (*)

By Nasir

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

error: Content Dilindungi Undang Undang Dilarang Untuk Copy!!