Fri. Feb 23rd, 2024

Argentina Menang 2-1 Atas Australia, Tantang Belanda di Perempat Final

Argentina

Arahbaru – Argentina berhasil mengalahkan Australia di babak perdelapan final Piala Dunia 2022 dengan skor 2-1 pada Sabtu (03/12/2022) waktu setempat.

Dalam pertandingan yang digelar di Ahmad bin Ali Stadium, gol-gol Argentina dicetak oleh Lionel Messi (menit 35) dan Julian Alvarez (57).

Sementara Australia hanya mampu memperkecil kedudukan melalui gol bunuh diri Enzo Fernandez pada menit ke-77.

Dengan hasil ini, Argentina melaju ke babak perempat final dan akan menghadapi Belanda di Lusail Stadium pada Jumat (09/12/2022).

Tim Oranye telah lebih dulu memastikan tiket perempat final setelah mengalahkan Amerika Serikat dengan skor 3-1.

Jalannya Pertandingan

Argentina menguasai jalannya pertandingan. Meski begitu, anak asuh Lionel Scaloni itu sulit menembus pertahanan Australia.

Australia yang tidak diunggulkan bermain cukup baik mengamankan pertahanan dengan sesekali melakukan serangan balik. Praktis, hingga menit ke-35, tidak ada peluang yang membahayakan yang dicetak oleh Argentina.

Tendangan pertama Argentina dilakukan oleh Alejandro “Papu” Gomez pada menit ke-17. Tendangan pemain asal Sevilla itu melambung jauh di atas gawang Australia.

Di tengah situasi seakan tidak ada gol, Messi akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-35. Ia menyambut umpan pantul Nicolas Otamendi sebelum menaklukkan penjaga gawang Australia Mathew Ryan dengan sepakan pelan menyusur tanah.

Gol ini merupakan yang pertama dicetak Messi di fase gugur Piala Dunia. Sebelumnya, delapan gol Messi di Piala Dunia tercipta di penyisihan grup.

Messi kini telah mengoleksi sembilan gol bersama Argentina di Piala Dunia. Dia telah melewati Diego Maradona (8 gol) dan mendekati Gabriel Batistuta (10 gol).

Catatan Messi ini makin sempurna karena tercipta pada laga ke-1.000 sang pemain bersama negara dan klub di level senior.

Gol tersebut merupakan satu-satunya gol yang dicetak di babak pertama. Skor 1-0 untuk kemenangan Argentina.

Pada babak kedua, Argentina bermain lebih baik. Meski begitu, Australia tidak mau begitu saja menerima kekalahan.

Argentina sempat mengancam lebih dulu lewat Messi. Namun, tendangannya dari luar kotak penalti masih terlalu lemah sehingga dengan mudah diamankan oleh Mathew Ryan.

Pada menit ke-57, kiper Mathew Ryan melakukan blunder. Dia kehilangan bola di area sendiri saat dipepet oleh De Paul dan Alvarez.

Bola yang lepas itu langsung diambil oleh Alvarez dan langsung menceploskannya ke gawang yang sudah kosong.

Ketinggalan dua gol, Australia mencoba untuk meningkatkan serangan. Hasilnya pada menit ke-77, tendangan Craig Goodwin dari luar kotak penalti gagal ditahan Emiliano Martinez.

Bola tendangan Goodwin berbelok karena lebih dulu membentur badan Enzo Fernandez. Martinez pun tak sanggup mengantisipasinya karena sudah mati langkah.

Pada menit akhir pertandingan, Australia memperoleh peluang untuk menyamakan kedudukan. Sebuah kemelut di depan gawang Argentina membawa bola jatuh di kaki pemain 18 tahun Garang Kuol.

Namun, tendangan kaki kanan Kuol berhasil diselamatkan oleh Martinez. Beberapa detik kemudian wasit meniup peluit panjang tanda kemenangan untuk Tim Tango.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

error: Content Dilindungi Undang Undang Dilarang Untuk Copy!!