Sun. Apr 14th, 2024

Dorong Hak Angket, Sejumlah Tokoh Surati Ketua Umum Partai Politik

Hak Angket

Arah Baru – Sebanyak 50 tokoh masyarakat dari berbagai latar belakang mengirimkan surat kepada sejumlah ketua umum partai politik untuk mendorong pengajuan Hak Angket dugaan kecurangan Pemilu 2024.

Surat yang diterbitkan pada Jumat (08/03/2024) itu ditujukan kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Presiden PKS Ahmad Syaikhu, dan Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono.

Di dalam surat itu, 50 tokoh masyarakat itu menyebutkan telah terjadi praktik kecurangan dalam Pemilu 2024. Kecurangan itu terjadi sejak awal proses penyelenggaraan pemilu hingga pasca pelaksanaan proses penghitungan suara.

“Dugaan kecurangan penyelenggaraan pemilu yang dipersoalkan oleh masyarakat, terjadi bukan hanya pada saat hari pencoblosan 14 Februari 2024, tetapi juga sejak awal proses penyelenggaraan pemilu hingga pasca pelaksanaan proses penghitungan suara yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan aparatur kekuasaan lainnya,” bunyi surat tersebut.

Menurut mereka, kecurangan itu disebut tidak hanya menyakiti hati nurani rakyat tetapi juga menimbulkan keresahan.

Hal itu terlihat dari ada banyaknya diskursus di kalangan masyarakat maupun di media sosial serta meluasnya pernyataan sikap dari guru besar dan dosen-dosen perguruan tinggi.

Jika kecurangan dibiarkan, sambung surat tersebut, maka penegakan hukum akan dihinakan dan demokrasi terjungkal.

Sebagai akibatnya, masyarakat tidak akan patuh pada pimpinan kekuasaan dan berbagai kebijakan negara yang dihasilkannya.

Karena itu, partai politik diharapkan menggerakan fraksi-fraksi anggota DPR untuk mengajukan dan melakukan Hak Angket.

Untuk diketahui, 50 tokoh masyarakat ituterdiri sejumlah aktivis, akademisi, hingga eks pegawai KPK, seperti Novel Baswedan, Bivitri Susanti, Usman Hamid, Faisal Basri, dan Fatia Maulidiyanti, kemudian Saut Situmorang, Agus Sunaryanto, dan Haris Azhar. (*)

By Nasir

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

error: Content Dilindungi Undang Undang Dilarang Untuk Copy!!