Media Arahbaru
Beranda Berita Ini Sejarah Hari Buruh Internasional yang Diperingati setiap 1 Mei

Ini Sejarah Hari Buruh Internasional yang Diperingati setiap 1 Mei

Daftar isi:

[Sembunyikan] [Tampilkan]

Arahbaru – Hari Buruh Internasional atau May Day diperingati setiap tanggal 1 Mei sebagai hari raya buruh dan pekerja di seluruh dunia.

Pada tahun ini, Hari Buruh Internasional jatuh pada Senin, 1 Mei 2023.

Di berbagai negara, termasuk Indonesia, Hari Buruh Internasional biasanya diperingati dengan berbagai aksi, seperti demonstrasi dan aksi protes.

Hari Buruh Internasional ini menjadi momentum para buruh untuk memperjuangkan hak-hak mereka, termasuk hak untuk bekerja dalam kondisi yang aman dan manusiawi, upah yang adil, dan jam kerja yang wajar.

Sejarah

Sejarah Hari Buruh Internasional sering dikatakan dengan peristiwa yang terjadi pada tahun 1886.

Para buruh melakukan unjuk rasa di Chicago dan beberapa kota besar di Amerika Serikat. Mereka menuntut penentuan jumlah jam kerja maksimal delapan jam.

Tuntutan bekerja 8 jam itu jauh lebih ringan dibandingkan dibandingkan tuntutan perusahaan yang memperkerjakan buruh hingga 16 jam setiap harinya.

Melansir dari suara.com, para buruh tidak hanya melakukan aksi demonstrasi, tetapi mereka juga melakukan aksi mogok kerja massal. Sekitar 300 ribu hingga 500 ribu buruh di AS melakukan aksi mogok kerja.

Aksi tersebut tidak dilakukan sehari, melainkan berhari-hari. Aksi demonstrasi yang terjadi di alun-alun Haymarket berujung kerusuhan.

Haymarket Riot merupakan tragedi kekerasan yang melibatkan polisi dan buruh yang tengah unjuk rasa di Chicago pada 4 Mei 1886.

Peristiwa ini berasal dari kerusuhan pada 3 Mei pada unjuk rasa perusahaan McCormick Harvesting Machine Company.

Untuk menghormati peristiwa tersebut, pada tahun 1889, Konferensi Sosialis Internasional menjadikan 1 Mei sebagai hari libur buruh, yang kemudian melahirkan apa yang sekarang disebut oleh banyak negara sebagai Hari Buruh Internasional.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

error: Content Dilindungi Undang Undang Dilarang Untuk Copy!!