Fri. Feb 23rd, 2024

Pelantikan Cagak Ambalan SMKN 1 Gunungsindur

Pelantikan Cagak Ambalan SMK Negeri 1 GunungsindurPelantikan Cagak Ambalan SMK Negeri 1 Gunungsindur

Arahbaru – Gunungsindur Jumat (17/02/2023) Kegiatan Pelantikan Calon Penegak Ambalan Cakrabaskara – Cakrasudarsana Gugusdepan 13.017 – 13.018 yang berpangkalan di SMKN 1 GUNUNGSINDUR, Kabupaten Bogor secara resmi dibuka, Rangkaian kegiatan tersebut dilaksanakan selama 3 hari 2 malam dan diikuti oleh para calon Penegak dari Ambalan tersebut.

Pramuka penegak adalah golongan pramuka yang berusia antara 15 sampai 20 tahun. Pramuka penegak identik dengan warna kuning sebagai warna dasar, karena warna kuning merupakan kiasan dari warna kematangan. Maka, pramuka penegak harus memiliki kematangan dalam proses berpikir, bertingkahlaku, kemandirian, serta kemampuan untuk memimpin dan dipimpin. Sesuai dengan motto penegak yaitu, dari penegak oleh penegak dan untuk penegak dibawah bimbingan orang dewasa.

Kegiatan Pelantikan Cagak selain sebagai proses perpindahan anggota pramuka dari golongan penggalang ke golongan penegak, namun juga merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk menanamkan karakter religius, mandiri, bertanggungjawab, disiplin bagi peserta didik.

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan pada hari itu adalah kegiatan praktek pengembaraan sekaligus pembuatan peta pita yang dilaksanakan di sekitar sekolah, para Penegak hanya dibekali dengan kompas bidik untuk menentukan derajat dan handphone sebagai penunjuk arah melalui google maps, karena Pembina hanya memberikan titik koordinat sebagai acuan arah yang harus mereka tempuh. Laporan perjalanan selama pengembaraan harus mereka tuliskan dalam bentuk Peta Pita. Malam yang gelap dengan penerangan yang terbilang kurang, serta cuaca yang dingin tidak menyuturkan langkah mereka untuk tetap melakukan perjalanan. Rasa ingin tahu yang tinggi membuat mereka lebih bersemangat daripada biasanya.

Selama perjalanan mereka harus melakukan pengamatan waktu, jarak, serta arah yang mereka tempuh, mereka juga harus mengamati apa saja yang mereka lihat di sisi kanan dan kiri jalan selama perjalanan mereka. Semua hasil pengamatan mereka tuangkan dalam selembar Peta Pita.

Kegiatan perjalanan mereka berakhir di sekolah, dipimpin oleh kak Rahmat Diansyah para penegak mulai mengevaluasi hasil pembuatan peta pita mereka. Bagian mana saja yang masih salah dan bagian mana saja yang sudah benar. Karena ini adalah pengalaman pertama kali bagi mereka, selain hasil maka proses yang mereka lalui juga merupakan hal penting agar mencapai kemampuan dalam hal tersebut.

Di akhir rangkaian kegiatan tersebut, sekitar pukul 03.00 dini hari pada tanggal 18 Februari 2023 berlangsung proses Pengukuhan Calon Penegak Ambalan Cakrabaskara – Cakrasudarsana yang di pimpin oleh Bapak Joko Prihanto sebagai Pembina Putra, dengan prosesi Adat Ambalan salah satu penegak Memegang Ujung Bendera merah putih dengan tangan kirinya dan diletakkan di dada, sedangkan tangan kanannya bersalaman dengan Pembina, lalu diikuti oleh para anggota lainnya dengan saling memegang bahu dengan tangan kanannya mereka mengucap ulang Tri Satya sebagai Janji Pramuka Penegak. Dengan berakhirnya Prosesi Adat Pengukuhan Penegak maka secara resmi para anggota pramuka tersebut menjadi Pramuka Penegak Ambalan Cakrabaskara dan Cakrasudarsana.*

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

error: Content Dilindungi Undang Undang Dilarang Untuk Copy!!