Media Arahbaru
Beranda Berita Polri: Harun Masiku Ada di Indonesia

Polri: Harun Masiku Ada di Indonesia

Arah Baru – Keberadaan buronan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Harun Masiku menemui titik terang. Kepala Divisi (Kadiv) Hubungan Internasional (Hubinter) Polri Irjen Pol Khrisna Murti Harun Masiku menduga Harun Masiku ada di Indonesia.

Khrisna mengatakan mengatakan hal itu berdasarkan data perlintasan Harun Masiku yang pernah ke luar negeri dan sudah kembali ke Indonesia.

“Ada data perlintasannya yang menunjukkan bahwa yang bersangkutan ada di dalam negeri. Jadi rumor-rumor yang beredar seperti itu, ya kami sampaikan,” kata Khrisna Murti usai koordinasi dengan KPK di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (07/08/2023).

Khrisna tidak menjelaskan secara detail data perlintasan Harun Masiku. Ia memastikan ada data perlintasan yang menunjukkan bahwa Harun Masiku sempat pergi ke luar negeri dan telah kembali ke Indonesia.

Meski terdeteksi ada di dalam negeri, Khrisna Murti menegaskan pihaknya tidak akan berhenti mencari Harun Masiku di luar negeri.

“Tapi kami tidak menghentikan pencarian terhadap yang bersangkutan di luar negeri,” tegas Khrisna.

Seperti diketahui, Harun Masiku merupakan buronan KPK dalam kasus dugaan suap dalam proses pergantian antar waktu (PAW) anggota DPR. Harun sendiri merupakan mantan calon legislatif (Caleg) PDIP.

Dalam kasus itu, Harun ditetapkan sebagai tersangka bersama tiga orang lainnya, yakni mantan Komisioner KPU Wahyu Setiawan, mantan Anggota Bawaslu sekaligus orang kepercayaan Wahyu, Agustiani Tio Fridelina, serta pihak swasta Saeful.

Harun berhasil lolos saat KPK hendak menangkapnya. Dia ditetapkan sebagai buronan KPK pada Januari 2020. Ia juga telah ditetapkan sebagai buronan internasional. KPK telah meminta Interpol untuk menerbitkan red notice atas nama Harun Masiku. (*)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

error: Content Dilindungi Undang Undang Dilarang Untuk Copy!!