Sun. Apr 14th, 2024

Semangat Muda, Bangkitkan Desa: PPK ORMAWA HIMAKSI FE UBB Tahun 2023 Bergerak Bersama Desa Batu Belubang Menuju Desa UMKM/Wirausaha

Arah Baru – Kegiatan PPK ORMAWA HIMAKSI FE UBB mendapat tanggapan baik dari masyarakat dan pemerintah Desa Batu Belubang. Kepala Desa Batu Belubang, Ahirman B mengucapkan terima kasih atas kesediaan Mahasiswa pengurus HIMAKSI dalam membantu mengembangkan UMKM di Desa Batu Belubang.

Melihat para mahasiswa yang bergerak bersama Desa Batu Belubang membuat Bapak Ahirman B sangat bersyukur karena sebagai contoh untuk muda-mudi agar lebih bangga akan desanya karena memiliki kekayaan alam dan berpotensi besar dalam wirausaha terutama umkm-umkm yang harus dikembangkan untuk menambah nilai ekonomi dan pendapatan Masyarakat di Desa Batu Beluang. Bapak Ahirman B juga berharap semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi Masyarakat, terutama bagi pelaku UMKM di Desa Batu Belubang.

Kegiatan yang didanai langsung oleh Kemendikbutristek ini memiliki fokus kegiatan berupa pembangunan Solar Tent, pembangunan tempat perebusan ikan asin, pembuatan plang sentra ikan asin Desa Batu Belubang dan penyelenggaraan kegiatan festival UMKM di Desa Batu Belubang. Pemanfaatan dari kegiatan ini diharapkan bisa dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat, terutama pelaku UMKM yang ada di Desa Batu Belubang.

Solar Tent merupakan inovasi tempat pengeringan ikan asin dengan menggunakan tenaga surya yang berfungsi untuk memerangkap panas dan melakukan pengeringan ikan asin dengan lebih efektif dan efisien. Tingkat panas didalam Solar Tent berbeda dengan di tempat terbuka, Dalam Solar Tent lebih panas dan lebih tahan lama bahkan ketika sore hari saat matahari tidak lagi terasa menyengat didalam Solar Tent tetap masih panas, sehingga ikan asin yang dijemur bisa lebih cepat kering dan membantu mempercepat ikan asin menjadi siap untuk dijual.

Selain itu PPK Ormawa HIMAKSI FE UBB juga membuat tempat perebusan ikan asin yang akan dipergunakan masyarakat Desa Batu Belubang untuk merebus ikan hasil tangkapan laut dan selanjutnya diasinkan dan dijemur, dan juga membuat plang sentra ikan asin untuk memperkenalkan sentra produksi ikan asin Desa Batu Belubang agar menjadi lebih dikenal banyak orang.

Selain mendukung proses produksi, PPK Ormawa HIMAKSI FE UBB juga melaksanakan kegiatan festival UMKM di Desa Batu Belubang tepatnya di kawasan wisata pantai tapak antu Desa Batu Belubang yang dihadiri oleh Kepala Desa, aparat Desa, ibu-ibu PKK, pelaku UMKM dan masyarakat Desa Batu Belubang.

Selain berfokus pada pengembangan proses produksi, PPK Ormawa HIMAKSI FE UBB  juga berfokus pada proses pemasaran produk dan pembukuan keuangan bagi UMKM Desa Batu Belubang. Ikan asin yang menjadi salah satu produk unggulan UMKM Desa Batu Belubang dan menjadi produk khas Bangka Belitung sudah sepatutnya untuk dikenal masyarakat luas seluruh Indonesia. Digitalisasi pemasaran ini menjadi salah satu langkah terbaik dalam mengupayakan hal tersebut.

Selain proses digitalisasi pemasaran, PPK Ormawa HIMAKSI FE UBB juga mengupayakan digitalisasi pada pembukuan keuangan UMKM. Hadirnya banyak platform digital dalam pembukuan keuangan sederhana bagi UMKM sudah selayaknya diperkenalkan kepada para pelaku UMKM. Sebagai mahasiswa akuntansi, HIMAKSI melakukan upaya terbaik dalam memberikan literasi keuangan bagi masyarakat terutama pelaku UMKM di Desa Batu Belubang untuk mengenal dan bisa memanfaatkan platform digital pembukuan keuangan sederhana bagi UMKM.

Ibu Hj. Natira yang merupakah salah satu pelaku UMKM Ikan asin di Desa Batu Belubang menyampaikan antusiasme dan dukungan untuk Tim PPK Ormawa HIMAKSI FE UBB dalam menjalankan kegiatan PPK Ormawa di Desa tempat tinggalnya. Ibu Hj. Natira Juga menyampaikan terima kasih atas kebermanfaatan tempat perebusan dan Solar Tent yang telah dibangun oleh Tim PPK Ormawa HIMAKSI FE UBB.

Program Penguatan Kapasitas Ormawa Himpunan Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung atau disingkat PPK ORMAWA HIMAKSI FE UBB Tahun 2023 merupakan bentuk inisiatif mahasiswa selaku agen perubahan dalam mengupayakan pengembangan dan dukungan bagi UMKM di Desa Batu Belubang untuk bangkit menjadi lebih baik dan sebagai salah satu Upaya bergerak bersama untuk menuju Desa UMKM/wirausaha. (Brt/Ab)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

error: Content Dilindungi Undang Undang Dilarang Untuk Copy!!