Sun. Apr 14th, 2024

Tiga Paslon Capres-Cawapres Siap Hadiri Dialog Publik oleh PP Muhammadiyah

Arah Baru – Sekretaris Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Abdul Mu’ti mengkonfirmasi bahwa ketiga pasangan calon presiden dan wakil presiden siap menghadiri Dialog Publik yang diselenggarakan oleh PP Muhammadiyah.

Kepastian kesanggupan ketiga Paslon mengikuti Dialog Publik tersebut disampaikan Abdul Mu’ti di sela agenda rangkaian Semarak Milad ke-111 Muhammadiyah, di Yogyakarta, Jumat (17/11/2023).

“Sehubungan dengan undangan Dialog Publik PP Muhammadiyah, semua pasangan calon presiden-wakil presiden menyatakan akan hadir,” tulis Abdul Mu’ti.

Dialog Publik ini mengalami beberapa perubahan dari rencana awal, seperti perubahan tempat dan waktu untuk Paslon nomor urut 2 yaitu Prabowo Subianto dan Gibran Rakabumi Raka, yang sedianya dialog publik untuk mereka diselenggarakan di Malang pindah ke Surabaya.

“Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Jumat 24 November pukul 09.00-11.00 di Universitas Muhammadiyah Surabaya,” sambung Mu’ti.

Sementara itu, untuk kedua Paslon lainnya yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar lokasi dialog publik akan diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) pada Rabu, 22 November 2023 mulai pukul 09.00 wib – 11.00 wib.

Dan dialog publik untuk Paslon nomor urut 3 yaitu Ganjar Pranowo dan Mahfud MD tetap diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) pada Kamis, 23 November 2023 mulai pukul 13.00 wib – 15.00 wib.

Rektor UMSurabaya, dr. Sukodiono menyampaikan pihaknya siap menjadi tuan rumah Dialog Publik Capres-Cawapres ini. UMSurabaya sudah menyiapkan aula yang berkapasitas 1.000 orang, akan tetapi untuk menjaga kondusifitas ruangan dan efektifitas aula tersebut akan diisi kurang lebih setengah dari kapasitas.

Penguji dalam Dialog Publik Capres-Cawapres di UMSurabaya direncanakan tidak hanya berasal dari internal persyarikatan, tetapi juga akan mengundang penguji dari akademisi dari eksternal Persyarikatan Muhammadiyah.

Kesiapan menjadi tuan rumah Dialog Publik Capres-Cawapres juga disampaikan oleh Rektor UMJ, Prof. Ma’mun Murod. UMJ akan menyediakan ruang aula berkapasitas 2.000 orang. Memakai alasan sama dengan UMSurabaya, UMJ juga akan membatasi jumlah peserta yang dibolehkan masuk ruang aula tersebut.

Sementara untuk penguji juga akan dihadirkan dari eksternal dan internal Persyarikatan Muhammadiyah. Berbeda dengan UMSurabaya, Ma’mun Murod menyampaikan rencana bahwa salah satu penguji dalam Dialog Publik Capres-Cawapres itu berasal dari unsur PP Muhammadiyah.

Atas kesediaan ketiga Paslon Capres-Cawapres mengikuti Dialog Publik oleh PP Muhammadiyah, Abdul Mu’ti menyampaikan terima kasih. Mu’ti berharap cara lancar dan bermanfaat untuk pendidikan politik dan penyelenggaraan pemilu yang berkualitas untuk Indonesia Berkemajuan. (*)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

error: Content Dilindungi Undang Undang Dilarang Untuk Copy!!