Sun. Apr 14th, 2024
Universitas Tertua di DuniaUniversitas Oxford di Inggris menjadi salah satu universitas tertua di dunia. Foto: Siswamedia

Arah Baru – Tahukah anda di mana universitas tertua di dunia berada? Mungkin anda akan menjawab universitas itu ada di benua eropa.

Memang banyak universitas tua di benua Eropa, seperti Universitas Bologna atau Universitas Salamanca. Namun, universitas tersebut bukanlah yang tertua di dunia.

Anda mungkin akan kaget universitas tertua di dunia itu ada di Afrika Utara, tepatnya di Maroko. Universitas itu adalah Universitas Al-Qarawiyyin.

Keberadaan Universitas Al Qarawiyyin ini mendahului keberadaan Universitas Al Azhar di Kairo, Mesir, dan universitas-universitas di benua Eropa.

Universitas Al-Qarawiyyin awalnya berfokus pada pengajaran agama, namun bidang studinya dengan cepat diperluas mencakup kedokteran, matematika, astronomi, dan lain-lain.

Selain sebagai universitas tertua, Universitas Al-Qarawiyyin ini sudah memperkenalkan sistem pemberian gelar sesuai dengan tingkat studi yang berbeda di berbagai bidang, seperti studi agama, bahasa, dan sastra.

Daftar 10 Universitas Tertua di Dunia

Untuk lebih lengkapnya, inilah 10 universitas tertua di dunia yang telah memberikan kontribusi berharga dalam bidang pendidikan, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan yang dilansir dari Katadata.

Universitas Al-Qarawiyyin

Universitas Al-Qarawiyyin, yang terletak di Fes, Maroko, adalah universitas tertua di dunia yang masih beroperasi hingga saat ini.

Didirikan oleh Fatima al-Fihri pada tahun 859 M, universitas ini berbentuk madrasah dan masjid. Berfungsi sebagai pusat pembelajaran Islam, ilmu pengetahuan, dan seni.

Beberapa alumni University of Al-Qarawiyyin yang terkenal adalah Ibnu Arabi, Ibnu Khaldun, Leo Africanus, dan Imam al-Bannani.

Universitas Tertua di Dunia
Universitas Al-Qarawiyyin. Foto: Detik.com

Universitas Al-Azhar

Universitas Al-Azhar berada di Kairo, Mesir. Universitas ini adalah salah satu pusat pendidikan Islam terkemuka di dunia. Didirikan pada tahun 975 M, universitas ini telah menjadi tempat pembelajaran agama, sastra, dan ilmu pengetahuan Islam selama lebih dari satu milenium.

Universitas Bologna

Universitas Bologna di Italia merupakan universitas tertua di Eropa dan telah berdiri sejak tahun 1088 M. Universitas ini terkenal karena kontribusinya dalam perkembangan hukum dan ilmu pengetahuan, terutama pada periode antara dua Perang Dunia.

Sebagai salah satu universitas tertua di dunia, ada banyak tokoh penting lahir dari universitas ini. Diantaranya tiga Paus, banyak pengusaha dan beberapa politisi Italia.

Universitas Oxford

Universitas Oxford di Inggris adalah salah satu universitas paling terkenal di dunia. Didirikan pada tahun 1096, Oxford telah menjadi pusat keunggulan akademik dengan kontribusi besar dalam berbagai bidang, termasuk ilmu pengetahuan, humaniora, dan kedokteran. Banyak ilmuwan dan peraih nobel yang dilahirkan oleh kampus ini, salah satunya adalah Stephen Hawking.

Saat ini, universitas berbahasa Inggris tertua ini memiliki 38 perguruan tinggi, masing-masing dengan struktur dan kegiatan internalnya sendiri.

Universitas Salamanca

Didirikan pada tahun 1134 M, Universitas Salamanca di Spanyol adalah salah satu universitas tertua di Eropa. Universitas Salamanca memiliki lebih dari 80 program sarjana.

Universitas Salamanca ini merupakan institusi tempat Christopher Columbus mengajukan kasus untuk mendapatkan dukungan kerajaan untuk ekspedisi Hindianya di akhir abad ke-15.

Universitas Cambridge

Universitas Cambridge, yang terletak di Inggris, didirikan pada tahun 1209. Universitas ini didirikan sekelompok sarjana yang meninggalkan Universitas Oxford karena konflik politik.

Universitas ini dikenal karena prestasinya dalam bidang sains, teknologi, dan humaniora. Banyak ilmuwan terkemuka dunia berasal dari sini. Pada 2009, alumni dari universitas ini menyumbang delapan puluh lima Pemenang Nobel.

Saat ini, Universitas Cambridge terdiri dari 31 perguruan tinggi yang terdiri dari lebih dari 150 departemen, fakultas, sekolah, dan institusi lainnya.

Universitas Padua

Universitas Padua di Italia didirikan pada tahun 1222 dan merupakan salah satu universitas tertua di Eropa. Universitas ini terkenal karena perannya dalam pengembangan ilmu medis dan kedokteran. Pada tahun 1545, Universits Padua mendirikan Kebun Raya Padua yang sekarang menjadi salah satu taman akademik tertua di dunia.

Universitas Napoli Federico II

Didirikan pada tahun 1224, Universitas Napoli Federico II di Italia adalah salah satu universitas tertua di dunia. Pendirinya adalah Frederick II, kaisar Kekaisaran Romawi Suci. Sebagai salah satu universitas tertua di dunia, universitas ini telah memberikan kontribusi besar dalam bidang ilmu pengetahuan, ilmu sosial, dan humaniora.

Universitas Toulouse

Universitas Toulouse di Prancis adalah salah satu universitas tertua di Eropa yang didirikan pada tahun 1229. Pada awalnya, universitas ini hanya mengarkan teologi yang pada saat itu diajar oleh Raymond VII.

Sejarah universitas tersebut termasuk panjang dan berliku-liku. Universitas itu sempat mendapatkan tekanan berat pada saat Revolusi Prancis pada tahun 1793.

Universitas Coimbra

Universitas Coimbra di Portugal adalah salah satu universitas tertua di Eropa yang masih beroperasi hingga hari ini. Didirikan pada tahun 1290, universitas ini memiliki sejarah panjang dalam pendidikan dan penelitian. Universitas ini masuk daftar Warisan Dunia UNESCO sebagai pengakuan atas bangunan bersejarah, halaman terbuka, dan tradisi budaya.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

error: Content Dilindungi Undang Undang Dilarang Untuk Copy!!