Fri. Feb 23rd, 2024

Mengenal Lebih Dekat Bang Haji Manan Nasution

By Akbar Buntoro Feb 9, 2024

Arah Baru – Menjatuhkan pilihan pada calon pemimpin pastinya butuh pemahaman yang lebih dalam tentang kepribadian, kapasitas dan rekam jejak orangnya, termasuk pemahaman tentang visi dan gagasan yang diusung.

Artikel ringkas ini hadir dalam rangka mengenalkan secara lebih dekat salah satu Calon Legislatif Dapil 1 Madina, yaitu H. Manan Nasution,M.A., yang saat ini menempati posisi caleg nomor 10 dari PPP untuk DPRD Madina Dapil 1, serta menjabat sebagai Ketua P3C Pengurus Besar HMI.

Manan Nasution memiliki nama lengkap H. Manan Syah Putra Nasution, M.A., lahir di Parbangunan, Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Madina, pada Sabtu, 11 Mei 1991.

Di tanah kelahirannya, Bang Manan dikenal sebagai aktivis kaum muda yang konsen dengan isu-isu pendidikan, enterpreneur dan kesejahteraan. Mampu bergaul dengan berbagai kalangan mulai dari anak-anak, remaja sampai dengan kalangan tua.

Haji Ismail Nasution, ayahnya, adalah figur yang mengajarkannya tentang realitas dan nilai-nilai kesejatian hidup yang harus terus diperjuangkan. Mobilitas Haji Ismail sebagai pengemudi bus ALS mentransmisikan arti penting tanggungjawab kemanusiaan, integritas hidup dan kebersahajaan pada Bang Manan.

Ibunya, Hj. Anna Latipa, adalah seorang ibu rumah tangga sekaligus tokoh yang konsen dalam bidang pendidikan di kampungnya. Spritit pendidikan yang kental dalam diri ibunya mengalir deras pada diri Bang Manan sejak masih kecil sampai dengan masa-masa dewasanya kini.

Jejak Pendidikan

Masa kecil Bang Manan banyak terukir di Parbangunan, Kecamatan Panyabungan, hampir mirip dengan anak-anak lain pada umumnya. Pendidikan formalnya dimulai di SDN 112 Parbangunan (1998-2003).

Selanjutnya ia menempuh pendidikan agama di SLTP Darul Hufazh Salafiyah al-Wustho (2003-2006) dan MA Darul Hufazh (2006-2007).

Selanjutnya Bang Manan melakukan perintauan ilmu ke Jawa bagian Timur, lebih tepatnya ke Ponorogo di Pondok Modern Daarussalam Gontor (2007-2010). Banyak pengalaman dan pengetahuan yang didapuk oleh Bang Manan selama menjadi santri di Gontor. Terakhir, masa penjelajaan ilmu di usia remajanya berlabuh di MAN Panyabungan (2010-2011).

Semua pengalaman lintas institusi dan lintas wilayah tersebut ini sangat memengaruhi Bang Manan dalam menanamkan nilai-nilai religius dalam kehidupan dan pola pikirnya. Pendidikan Tinggi, Aktivisme dan Gelanggang Pergerakan. Setelah menyelesaikan pendidikan menengah, Bang melanjutkan pendidikan tinggi di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Selama studinya, Bang Manan aktif dalam kegiatan dan agenda-agenda Himpunan Mahasiswa Islam. Karirnya menanjak saat didapuk sebagai Ketua Komisariat HMI FITK UIN Sunan Kalijaga (2012-2013). Tahun berikutnya ia diamanahi menjadi Ketua Kordinator Komisariat HMI UIN Sunan Kalijaga (2014-2015). Selama menjadi aktivis Bang Manan aktif mengisi diskusi, seminar dan menyelenggarakan berbagai program-program yang menggebrak di bidang pendidikan dan pengetahuan.

Aktivismenya berlanjut dengan menjadi Pengurus HMI Cabang Yogyakarta (2015-2016). Bahkan karirnya mampu menembus jajaran struktural Pengurus PB HMI (2018 – sekarang). Semakin luas wilayah perjuangan semakin besar aktivisme dan realisasi gagasan-gagasannya. Bumi Ngayogyakarto dan Jakarta menjadi saksi perjuangan dan memberikan pengalaman serta pendewasaan pemikiran luhurnya.

Gagasan politiknya mulai berinang dengan turut memprakarsai pendirian Partai Demokrasi Mahasiswa. Ia bahkan didapuk sebagai Ketua Dewan Pembina di internal partai tersebut (2014-2015).

Di tingkat lokal, Irwan juga aktif di organisasi mahasiswa kedaerahan. Bang Manan aktif mendirikan dan menggerakkan IKPM (Ikatan Keluarga Pelajar dan Mahasiswa) Madina (Mandailing Natal) Yogyakarta. Sebagai sosok yang menggemari sepak bola Barcelona, Bang Manan juga aktif sebagai member FCB Indonesia.

Visi dan Misi Perjuangan

Sebagaimana tagline yang diusungnya, Bang Manan meyakini bahwa Aspirasi masyarakat adalah Energi Perubahan. Hal tesebut sekaligus mengkonfirmasi bahwa Bang manan siap menjadi telinga rakyat, menjadi penglihatannya dan menjadi sosok yang terus hadir bersama rakyat dalam mewujudkan Perubahan.

Bang Manan berkomitmen untuk mewujudkan visi dan misi perjuangannya melalui peran dan fungsi sebagai anggota DPRD Madina. Selain itu, dia bertekad membawa Madina pada wujud yang lebih baik, Madina yang berkeadilan, berperadaban dan bermartabat.
Demikianlah gambaran singkat tentang H. Manan Nasution yang bertujuan untuk memberikan pemahaman lebih mendalam tentang latar belakang, visi, misi, dan komitmen beliau sebagai calon legislatif DPRD Madina Dapil 1.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi masyarakat dalam menentukan pilihan pada Pemilu legislatif 14 Februari 2024. (Art/Ab)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

error: Content Dilindungi Undang Undang Dilarang Untuk Copy!!