Fri. Feb 23rd, 2024

Perayaan HUT ke-50 PDI Perjuangan, Menerka Capres dari Si Banteng

#image_title

Arahbaru – Menjelang perayaan HUT ke-50 PDI Perjuangan, perhatian publik mengarah kepada siapa yang akan diusung partai berlogo banteng tersebut untuk menjadi calon presiden (Capres) dalam pemilihan umum (Pemilu) 2024.

Apalagi, perayaan HUT ke-50 PDIP itu diselenggarakan tanpa mengundang partai lain.

“Ini karena hari ulang tahun PDI Perjuangan yang mana angka 50 itu kan susah. Baru 50 tahun lagi akan terjadi, jadi kami meminta maaf kepada seluruh ketua umum partai politik jika memang besok tidak berkesempatan hadir karena ini adalah kegiatan internal PDIP,” kata Puan usai pembukaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Anggota DPRD Provinsi/Kabupaten Kota Fraksi PDI Perjuangan se-Indonesia di Jakarta, Senin.   

Puan mengatakan dalam acara HUT ke-50 PDIP itu, Megawati akan menyampaikan pidato. Mega disebut juga memberikan kejutan.

“Pasti akan ada surprise, tapi yang namanya surprise hanya ibu ketua umum yang tahu, yang pasti akan ada surprise yang akan disampaikan,” jelas Puan.

Menurut Puan, bisa jadi kejutan itu adalah pengumuman Capres untuk Pemilu 2024. Namun ia menyerahkan sepenuhnya kejutan itu kepada Megawati.

Puan atau Ganjar

Perhatian publik terkait dengan Capres yang akan diumumkan oleh Megawati mengarah kepada dua sosok, yaitu Puan Maharani dan Ganjar Pranowo.

Puan, saat ini merupakan Ketua DPR RI dan pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia pada 2014-2019.

Sosok Puan makin santer bakal diumumkan menjadi Capres PDIP karea ia adalah putri dari Ketua Umum PDIP Megawati.

Sementara itu, Ganjar Pranowo selalu mendominasi hasil survei bersama Prabowo dan Anies Baswedan. Bahkan, di beberapa lembaga survei, nama Ganjar berada di peringkat pertama.

Hasil survei ini paling tidak menunjukkan bahwa Ganjar mempunyai basis massa yang tidak bisa diremehkan.Hal ini berbeda dengan Puan yang elektabilitasnya masih rendah.

Sementara itu pandangan disampaikan oleh Peneliti Ahli Utama Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Prof. Dr. R. Siti Zuhro, M.A.

Dalam Special Dialogue Okezone pada Senin (09/01/2023), ia berpendapat bahwa sangat mungkin untuk Puan Maharani terpilih sebagai capres PDIP dibandingkan dengan kader lainnya.

Menurutnya, Puan Maharani telah dipersiapkan dengan baik di parlemen maupun di eksekutif. Puan bahkan pernah menjabat sebagai anggota DPR, Ketua Fraksi PDIP DPR RI, dan sebelumnya menjabat sebagai Menko PMK.

Siti mengatakan Puan juga memiliki legasi sebagai cucu dari tokoh proklamator serta presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno. Di mana PDIP tidak bisa dipisahkan dengan sosok Bung Karno.

“Sangat sempurna posisinya untuk di PDIP. Apalagi ia adalah keturunan langsung cucunya Bung Karno,” jelas Siti yang dilansir dari Okezone pada Selasa (10/01/2023).

Dia menilai dengan berbagai pencapaian yang telah dimiliki Puan Maharani tentunya tidak menutup kemungkinan apabila PDIP akan mencalonkan Puan Maharani sebagai perwakilan partai mereka. (*)

By Nasir

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

error: Content Dilindungi Undang Undang Dilarang Untuk Copy!!