Sun. Apr 14th, 2024

Tak Perlu Khawatir Tagihan Bengkak, Inilah 9 Tips Menghemat Biaya Pernikahan

Merancang pernikahan bukanlah suatu hal yang mudah. Terlebih, kalau sudah menyangkut biaya. Namun, jangan khawatir, sebenarnya ada banyak cara dan tips menghemat biaya pernikahan agar tagihan tidak membludak tetapi acara tetap berkesan,kok.

Terlebih di saat pandemi lalu. Memangkas pengeluaran untuk biaya pernikahan bukan hal yang mustahil dilakukan.

Untuk mencegah penyebaran virus, banyak pengantin yang memutuskan untuk membatasi tamu undangan bahkan menggelar resepsi secara virtual. Tentunya ini merupakan sebuah keuntungan dan momen tepat bagi kalian yang ingin menggelar pernikahan dengan budget secukupnya.

Lantas, apa saja sekiranya yang perlu dilakukan agar biaya pernikahan lebih hemat? Melansir berbagai sumber, simak tips selengkapnya sebagai berikut!

Tips Menghemat Biaya Pernikahan agar Tagihan Tidak Membengkak

1. Buat Anggaran Pernikahan Secara Rinci

Agar biaya pernikahan bisa dipangkas sehemat mungkin, tentunya Anda dan pasangan perlu membuat rencana anggaran di awal secara terperinci.

Hindari menggunakan seluruh tabungan yang dimiliki apalagi harus meminjam anggaran dari bank atau pun orang-orang terdekat. Pikirkan apa yang diperlukan untuk pernikahan secara bijaksana.

Ketahui dulu jumlah uang yang sekiranya dimiliki untuk pernikahan. Setelahnya, rencanakan distribusi biaya untuk lokasi, makanan, dan sebagainya.

2. Tamu Undangan

Merupakan salah satu poin penting untuk menghemat biaya pengeluaran. Jumlah tamu undangan sangat berpengaruh pada aspek pengeluaran lain seperti pemilihan lokasi resepsi.

Jadi, tentukan prioritas tamu yang sekiranya akan hadir di pernikahan kalian. Terlebih di masa pandemi ini, undanglah anggota keluarga dan kerabat yang benar-benar dekat dengan Anda dan pasangan.

Selain memangkas biaya pengeluaran, mengundang orang-orang terdekat saja ke pernikahan akan membuat acara tersebut semakin intim dan berkesan.

3. Pilih Lokasi yang Memungkinkan

Jika memang anggaran pernikahan kalian tidak cukup untuk menyewa gedung, tidak ada salahnya menyelenggarakan pernikahan di rumah. Atau, Anda juga bisa menyewa gedung serbaguna atau ruangan hotel yang biayanya disesuaikan dengan budget.

Hindari pernikahan di musim liburan juga apabila ingin menyewa gedung atau hotel. Pasalnya, di musim liburan biaya sewanya cenderung lebih mahal.

Perlu diingat, pesta pernikahan sebenarnya tidak perlu di gedung atau tempat mewah, kok. Yang terpenting adalah tempatnya layak dan cukup untuk melangsungkan pernikahan kalian.

4. Pertimbangkan Melaksanakan Akad Nikah di KUA

Opsi melangsungkan akad nikah di KUA juga bisa mengemat pengeluaran. Pasalnya, melaksanakan biaya pernikahan di sana tidak dipungut biaya alias gratis. Atau, Anda dan calon pasangan juga bisa melaksanakan akad nikah di rumah yang hanya dihadiri oleh keluarga dekat. Biaya yang dikeluarkan akan cenderung lebih hemat.

5. Melangsungkan Resepsi Pernikahan Secara Virtual

Akad nikah bisa dilaksanakan di KUA atau di rumah, sementara untuk acara resepsi Anda bisa menyelenggarakannya secara virtual. Anda bisa mengundang orang-orang yang dikenal seperti teman, teman alumni, rekan kerja, dan sebagainya melalui acara virtual ini.

Sementara, batasi tamu undangan resepsi yang datang secara langsung ke rumah. Selain menghemat budget dan membuat acara resepsi lebih efektif, pesta pernikahan virtual juga dinilai lebih aman di masa pandemi seperti sekarang.

Tidak hanya itu, untuk menghemat biaya, Anda juga bisa membuat undangan pernikahan digital. Jadi, tidak usah repot mengeluarkan biaya untuk mencetak selembaran undangan.

6. Sewa Gaun Pernikahan

Dibandingkan membeli, akan lebih hemat bila Anda menyewa gaun pernikahan. Atau, jika masih ada, Anda juga bisa mengenakan gaun pernikahan peninggalan orangtua. Tentunya cara ini akan lebih hemat dibandingkan dengan membeli. Terlebih gaun pernikahan biasanya hanya akan digunakan sekali.

7. Gunakan Jasa Teman

Kalau Anda punya teman yang bekerja di bidang wedding organizer, tidak ada salahnya memanfaatkan jasa mereka. Eits… meminta bantuan dalam konteks ini bukan berarti Anda tidak membayar jasa mereka, ya.

Menggunakan jasa WO teman dekat dimaksudkan agar Anda lebih bisa leluasa berkonsultasi sekiranya acara pernikahan apa yang cocok untuk dilaksanakan dan sesuai dengan budget. Biasanya, teman dekat akan lebih mengerti selera Anda dan tidak sungkan juga menyesuaikan biaya yang dimiliki.

8. Anggaran Makanan

Ini merupakan poin yang terkadang menguras biaya. Bagi Anda yang hendak melangsungkan pernikahan di rumah secara langsung, tidak ada salahnya memilih opsi nasi kotak atau menu yang langsung dihidangkan untuk tamu. Selain menghemat biaya, opsi ini juga merupakan yang paling aman di masa panemi dibandingkan dengan prasmanan.

9. Pilihan Souvenir

Tak perlu yang mewah, Anda dan calon pasangan bisa memilih souvenir pernikahan yang sederhana tapi unik. Di masa pandemi ini, Anda juga bisa loh memberikan souvernir berupa alat kebersihan dan kesehatan seperti hand sanitizer, masker, atau vitamin C untuk tamu undangan.

Nah, itulah beberapa tips menghemat biaya pernikahan yang bisa dicoba. Bagi Anda yang hendak melangsungkan pernikahan secara langsung atau offline, jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dan batasi tamu undangan yang datang, ya. Semoga bermanfaat! (*)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

error: Content Dilindungi Undang Undang Dilarang Untuk Copy!!