Fri. Feb 23rd, 2024

Eks Pimpinan KPK Desak Firli Mundur

Arahbaru – Sejumlah mantan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendesak Firli Bahuri mundur dari jabatannya sebagai Ketua KPK.

Hal itu tidak lepas dari dugaan pelanggaran etik yang dilakukan oleh Firli terkait kebocoran dokumen hasil penyelidikan di Kementerian ESDM.

Para pimpinan KPK itu menggelar aksi demonstrasi bersama dengan koalisi masyarakat sipil di depan Gedung Merah Putih, Jakarta, Senin (11/04/2023).

“Hari ini kita melaporkan Saudara Firli Bahuri kepada Dewan Pengawas (Dewas) terhadap pelanggaran etika dan pelanggaran kepatuhan yang diduga dilakukan Saudara Firli,” kata Samad.

Samad mengatakan pembocoran dokumen merupakan pelanggaran pidana yang tidak bisa ditolerir

“Itu telak. Oleh karena itu ini yang harus didorong agar supaya Firli bisa mempertanggungjawabkan semua yang dia lakukan secara pidana,” tambah Samad.

Untuk laporan ke kepolisian, Samad mengatakan pihaknya akan sesegera mungkin melakukannya.

Tampak dalam aksi tersebut para mantan pimpinan KPK yakni, Abraham Samad dan Saut Situmorang, dan Bambang Widjojanto. Mantan Penasihat KPK Abdullah Hehamahua, mantan pegawai KPK seperti Novel Baswedan, Praswad Nugraha, dan Giri Suprapdiono.

Selain itu , tampak juga Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia (AII) Usman Hamid, serta mantan Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkumham) Denny Indrayana. (*)

By Nasir

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

error: Content Dilindungi Undang Undang Dilarang Untuk Copy!!