Fri. Feb 23rd, 2024

Ketua Umum PB HMI MPO Sampaikan Duka Cita untuk Korban Gempa di Jayapura dan Turki

Mahfut Khanafi

Arahbaru – Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) Mahfut Khanafi menyatakan duka cita yang mendalam atas kejadian gempa bumi yang terjadi di beberapa wilayah, baik di Indonesia maupun di luar negeri.

“Kami dari PB HMI menyatakan duka cita yang mendalam atas gempa bumi yang terjadi di beberapa tempat, seperti Jayapura, juga di Turki dan Suriah,” kata Mahfut.

Seperti diketahui, kejadian gempa  terjadi di beberapa wilayah di Indonesia dan dunia. Di Jayapura, gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 5,4 terjadi pada Kamis (09/02/2023). Gempa bumi itu menewaskan 4 orang.

Menurut data BPNB hingga 10 Februari, gempa menyebabkan 15 rumah rusak berat, 1 rumah rusak sedang dan 28 rumah rusak ringan.

Selain itu 1 cafetaria roboh dan tenggelam, 5 gedung perkantoran rusak, RSUD Kota Jayapura rusak, 1 masjid, 2 gereja, 1 hotel dan 1 supermarket turut terdampak.

Sebelumnya, gempa dahsyat terjadi di Turki dan Suriah pada Senin (06/02/2023). Gempa dengan kekuatan magnitudo 7,8 itu menewaskan lebih dari 25 ribu orang dan berdampak terhadap 26 juta orang.

Gempa dahsyat ini setidaknya berdampak terhadap 26 juta orang di Turki dan Suriah. PBB memperingatkan ada sekitar 870 ribu orang memerlukan makanan hangat di seluruh Turki dan Suriah. Di Suriah saja, hingga 5,3 juta orang mungkin kehilangan tempat tinggal.

Atas musibah ini, Mahfut mengajak seluruh masyarakat untuk tetap waspada terlebih Indonesia merupakan wilayah yang sering dilanda gempa bumi yang dapat terjadi kapan saja.

“Sebagai negara yang sering dilanda bencana seperti gempa bumi, mari kita tingkatkan kewaspadaan” kata Mahfut.

Tak lupa alumni UIN Sunan Kalijaga ini mengajak masyarakat untuk bersama-sama membantu meringankan beban para korban.

“Mari kita bantu meringankan para korban yang terdampak gempa” tutup Mahfut. (*)

By Nasir

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

error: Content Dilindungi Undang Undang Dilarang Untuk Copy!!