Media Arahbaru
Beranda Berita Forum Rektor PTMA Serukan Seluruh Mahasiswa KKN Agar Menjadi Pengawas di TPS

Forum Rektor PTMA Serukan Seluruh Mahasiswa KKN Agar Menjadi Pengawas di TPS

Forum Rektor Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah

Arah Baru – Forum Rektor Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA) menegaskan jika akan menugaskan para mahasiswanya yang menjalani proses Kuliah Kerja Nyata (KKN) untuk mengawasi TPS untuk penanggulangan potensi kecurangan pada Pemilu 2024

“Ini mereka kita minta untuk dalam program, apakah program magang atau KKN untuk bisa ikut mengawasi,”  ucap Ketua Umum PTMA Gunawan Budiyanto dilansir dari CNN, Sabtu (3/2).

Gunawan menyebut jika terdapat sejumlah mahasiswa PTMA yang berada di berbagai pulau yang nantinya akan menjadi pengawas di TPS demi mewujudkan proses pemilu yang sah.

Secara rinci Gunawan juga menyebut jika mahasiswa-mahasiswa yang sedang menjalani KKN tersebut 66 persennya berada di Pulau Jawa seperti Jaodetabek, Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah dan sisanya berada di Sumatera Selatan, Sumatera Utara dan Kalimantan.

“Supaya ada trust, bahwa ada pihak yang netral, yang bukan partisan yang ikut mengawasi proses. Sehingga proses ini apapun hasilnya itu akan lebih legitimate, karena lebih banyak orang yang ikut mengawasi,” tutur Gunawan.

Rektor UMY tersebuta juga menyatakan jika langkah seperti ini sudah lazim dilakukan oleh kampusnya dengan bekerjasama dengan Bawaslu dari setiap daerah tersebut.

“Kita melihatnya bahwa semua proses itu kan sebaiknya harus ada pengawas independen. Jadi bukan kemudian ini (situasi) gawat, sejak Pemilu diadakan kita sudah melakukan program KKN pengawasan pemilu sejak dulu dan ini hanya pengulangan saja kerjasama dengan Bawaslu,” sebutnya.

Sebelumnya diketahui jika Forum Rektor Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Asisyiyah memberikan tuntutan agar penyelenggaraan Pemilu 2024 bisa dilaksanakan dengan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil atau Luberjurdil.

Dimana tuntutan tersebut ditindaklanjuti dengan langkah himbauan kepada seluruh unsur di PTMA agar menjadi pengawas independen di seluruh TPS yang tersedia.

“Menyerukan kepada warga Muhammadiyah, terutama mahasiswa, dosen, dan karyawan di lingkungan PTMA untuk menjadi pengawas independen di masing-masing TPS dan melaporkan kepada pengawas TPS dan Bawaslu jika terjadi pelanggaran dan kecurangan,” ucap salah satu poin dalam pernyataan sikap yang diteken Ketua Umum PTMA Gunawan Budiyanto, Jumat (2/2). (Brt/Ab)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

error: Content Dilindungi Undang Undang Dilarang Untuk Copy!!