Fri. Feb 23rd, 2024

Potensi Hujan Ekstrem Esok Hari, Berikut Tips Menghadapinya

By Nasir Dec 27, 2022 #BRIN #Cuaca #Hujan Ekstrem #Tips
Hujan EkstremIlustrasi Badai.

Arahbaru – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengungkapkan adanya potensi hujan ekstrem dan badai dahsyat di wilayah Jabodetabek pada Rabu (28/12/2022).

Akibatnya, akan terjadi banjir besar di wilayah Jabodetabek, khususnya Tangerang dan Banten.

“Potensi banjir besar Jabodetabek. Siapa pun Anda yang tinggal di Jabodetabek, dan khususnya Tangerang atau Banten, mohon bersiap dengan hujan ekstrem dan badai dahsyat pada 28 Desember 2022,” kata Peneliti Klimatologi, pada Pusat Riset Iklim, dan Atmosfir, BRIN, Erma Yulihastin, dalam unggahannya di Twitter, Selasa (27/12/2022).

Erma mengatakan, prakiraan BRIN tersebut berdasarkan analisis data dari Satellite Early Warning System (Sadewa).

Ia menjelaskan badai dahsyat terjadi dari dua jalur, yaitu barat dan utara. Dari barat, badai dari laut akan berpindah ke darat dengan angin baratan yang membawa hujan badai dari laut. Sedangkan dari utara, badai datang melalui angin permukaan yang kuat.

“Maka Banten, dan Jakarta-Bekasi akan menjadi lokasi sentral tempat serangan badai tersebut. Dimulai sejak siang hingga malam hari pada 28 Desember 2022,” ujar Erma.

Oleh karena itu masyarakat diimbau waspada untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Tips Menghadapi Cuaca Ekstrem

Berikut adalah beberapa tip untuk menghadapi cuaca ekstrem:

1. Persiapkan diri anda dan keluarga dengan membuat kit darurat yang mencakup makanan, air, obat-obatan, dan barang-barang lain yang dibutuhkan jika terjadi bencana. Kit darurat ini harus mudah diakses dan selalu siap digunakan.

2. Pastikan anda memahami tanda-tanda cuaca ekstrem yang mungkin terjadi di daerah anda. Misalnya, jika anda tinggal di daerah yang rentan banjir, pastikan anda memahami tanda bajir akan terjadi.

3. Ikuti instruksi pemerintah atau petugas kesehatan masyarakat jika terjadi bencana. Mereka akan memberikan informasi terkini tentang situasi dan memberikan saran tentang tindakan yang harus diambil.

4. Jaga komunikasi dengan keluarga dan teman-teman anda. Pastikan anda memiliki nomor telepon atau alamat email yang dapat dihubungi jika terjadi bencana.

5. Pastikan anda memiliki akses ke sumber informasi yang dapat dipercaya, seperti stasiun radio atau televisi lokal, atau situs web resmi pemerintah.

6. Jangan mencoba meninggalkan rumah atau mengemudi saat cuaca ekstrem. Jika anda harus keluar, pastikan anda mempersiapkan diri dengan baik dan memakai pakaian yang sesuai untuk cuaca.

7. Jangan memasuki gedung yang rusak atau terancam ambruk. Jika Anda tinggal di rumah yang rusak, segera mencari tempat yang aman. (*)

By Nasir

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

error: Content Dilindungi Undang Undang Dilarang Untuk Copy!!